Monday, November 29, 2010

PREDIKSI GEMPA

Tahukah berapa korban jiwa pada gempa 3 November 2002 di Alaska itu? Jawabnya NOL alias tidak ada korban jiwa.

Di Jepang juga terjadi hal yang serupa. Negeri Sakura itu dengan tingkat kegempaan yang tinggi juga dan pada 25 September 2003, Hokkaido dilanda gempa 8.3 SR. Berapa korban jiwa di situ? Jawabnya NOL alias tidak ada.

Pada 28 Maret 1998, Kepulauan Balleny dilanda gempa 8,1 SR juga tidak memakan korban jiwa satu orang pun. Demikian juga di Kepulauan Fiji pada 14 Oktober 1997, dengan 7.8 SR, Kepulauan Mariana pada 8 Agustus 1993, atau di Chile pada 3 Juli 1995 berkekuatan SR 8,0 dengan korban jiwa ‘’hanya’’ 3 orang.

Bandingkan dengan gempa di Indonesia dan Negara Asia lainnya. Gempa Aceh pada 26 Desember, menelan korban 283.000 jiwa, di Taiwan pada 20 September 1999 dengan kekuatan 7,7 SR menelan korban 2.000 tewas, atau di Flores pada 12 Desember 1992 dengan korban jiwa 2.500 orang.


Pertanyaannya kenapa di negara-negara maju, gempa TIDAK MENELAN KORBAN JIWA….? Lalu mengapa di negeri kita selalu dengan KORBAN JIWA DALAM JUMLAH YANG BANYAK...?

Tentu tidak bisa kita jawab, seperti kebiasaan orang kita menjawab, ‘’…Ah itu karena mereka lagi beruntung..!!!’’

Jawaban yang paling logis adalah karena dengan kemampuan ilmu dan teknologi yang mereka punya sudah mampu mengetahui kapan gempa akan terjadi. Artinya pasti mereka sudah BISA MEMPREDIKSI GEMPA.

Prediksi ,.....Ramalan ?????
Yang buat heboh warga ramalan  seorang pesulap akan terjdi gempa dengan kekuatan 8,9 SR di kotaku  pada tanggal 26 November 2010, ada yang percaya dan ada yang tidak. Bagi yang percaya ramalan ini mereka sudah pada mengungsi pada malam harinya. Bagi yang tidak mereka tetap santai dirumah.

Ada juga yang berpikir itu hanya pengalihan massa karena pada tanggal 29 Nopember 2010 akan dilantik kepala daerah, nah karena takut didemo maka dibikinlah isu tersebut.

Sebagai manusia kita tetap waspada terhadap gempa dan tsunami, kalau ditinjau memang kotaku daerah rawan gempa. Dan kita harus tawakal apapun yang terjadi semua kehendak  Allah SWT.

1 comment:

Elsa said...

wah wah...
kalau memang gempa dan tsunami bisa diprediksi dengan tepat, alangkah enaknya yaa
bisa mencegah jatuhnya korban...

tapi aku pikir, gempa dan tsunami itu mutlak kekuasaan Tuhan
meskipun manusia udah memprediksi dengan ilmu yang paling canggih sekalipun,
kalo Tuhan tidak berkehendak, ya gak bakalan terjadi bencana itu..

bener Mbak
sepertinya yang harus kita lakukan hanyalah pasrah dan berdoa
semoga selalu dilindungi dari segala macam bencana
amiiiiiin