Wednesday, August 4, 2010

40 Hari Menjelang Kematian

Kematian pasti akan mendekat kepada semua mahluk yang hidup di dunia ini, namun kapan kematian itu datang hanya Allah SWT yang tahu. Kematian itu perjanjian kita sama Allah SWT pada waktu ruh di hembuskan disaat kita didalam rahim ibu.





Di dalam rahim kita membuat perjanjian tentang takdir dan nasib kita sebagai umat-Nya, Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a. bahwa Nabi saw. bersabda, “Kunci kegaiban ada lima perkara tidak ada yang dapat mengetahuinya kecuali Allah sendiri, yaitu bahwa di sisi Allah sajalah pengetahuan waktu tibanya hari kiamat, Allah pula yang mengetahui waktu turunnya hujan, Allah saja yang mengetahui apa yang ada di dalam rahim, tidak seorang pun mengetahui apa yang akan dikerjakan esok hari dan tidak seorang pun yang mengetahui di bumi mana ia akan meninggal dunia.” 




Kematian adalah suatu misteri yang tak seorangpun bisa tahu ataupun menebaknya, namun ketika seseorang akan menjemput kematian akan di berikan tanda-tanda

  • Tanda 40 Hari Sebelum Hari Kematian

Tanda ini juga akan terjadi sesudah waktu Asar. Bagian pusat kita akan berdenyut-denyut. Pada ketika ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pohon yang letaknya di atas Arash Allah swt. Maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persediaannya ke atas kita antaranya adalah ia akan mulai mengikuti kita sepanjang waktu. Akan terjadi malaikat maut ini akan memperlihatkan wajahnya sekilas dan jika ini terjadi, mereka yang terpilih ini akan merasakan seakan-akan bingung seketika. Adapun malaikat maut ini wujudnya cuma seorang tetapi kuasanya untuk mencabut nyawa adalah bersamaan dengan jumlah nyawa yang akan dicabutnya.
  • Tanda 7 hari
Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah sakit di mana orang sakit yang tidak makan secara tiba- tiba dia berselera untuk makan.

  • Tanda 3 hari
Pada masa ini akan terasa denyutan di bahagian tengah dahi kita yaitu diantara dahi kanan dan kiri. Jika tanda ini dapat diketahui / dipahami maka berpuasalah kita setelah itu supaya perut kita tidak mengandungi banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti. Ketika ini juga mata hitam kita tidak akan bersinar lagi dan bagi orang yang sakit hidungnya akan perlahan-lahan turun, dan ini dapat diketahui jika kita melihatnya dari bahagian sisi. Telinganya akan layu dimana bahagian ujungnya akan berangsur-angsur masuk ke dalam. Telapak kakinya yang terlunjur akan perlahan-lahan jatuh ke depan dan sukar ditegakkan.
  • Tanda 1 hari
Akan berlaku sesudah waktu Asar di mana kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu di bahagian ubun-ubun di mana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu Asar keesokan harinya.
  • Tanda akhir
Akan berlaku keadaan di mana kita akan merasakan satu keadaan dingin di bahagian pusat dan ianya akan turun ke pinggang dan seterusnya akan naik ke bahagian halkum. Ketika ini hendaklah kita terus mengucap kalimah syahadah dan berdiam diri dan menantikan kedatangan malaikatmaut untuk menjemput kita kembali kepada Allah SWT yang telah menghidupkan kita dan sekarang akan mematikan pula.
Pada orang yang akan dikenai kematian akan meninggalkan kelakuan aneh tersendiri atau biasannya disebut "perangai". Oh pantesan si Bulan melamun aja beberapa minggu ini, wajahnya juga gak berseri, ternyata dia meninggalkan perangai. Ada juga yang selalu ceria atau minta maaf sama semua orang sebelum ajal menjemput.

"Ini berdasarkan pengalaman aku sendiri, sebut saja Tedi teman sekolah suamiku dulu yang  jauh dari Pekan baru datang kerumah mencari suamiku hanya mau minta maaf dan bercerita kalau dia mau menikah dan pergi jauh. Eh tak berapa lama aku dapat kabar bahwa Tedi meninggal dunia."Dan datukku sendiri sebelum meninggal dia mandi sampai 5 hari sekali 3 hari sebelum meninggal, ternyata kitapun sebelum nyawa berpisah dari raga kita akan mengalami sesuatu yang dianggap orang janggal.
Sesungguhnya marilah kita bertakwa dan berdoa kepada Allah SWT semoga kita termasuk di antara orang-orang yang yang dipilih oleh Allah yang akan diberi kesadaran untuk peka terhadap tanda- tanda kematian ini; semoga kita dapat membuat persiapan terakhir dalam usaha memohon ampunan baik dari Allah SWT maupun dari manusia sendiri, dari segala dosa dan urusan hutang piutang kita. Namun demikian, sesuai dengan sifat Allah SWT Yang Maha Kuasa lagi Pemurah, Maha Pengasih, maka diriwayatkan bahwa tarikh kematian seseorang manusia itu masih dapat diubah dengan amalan doa, baik doa dari kita sendiri maupun doa dari orang lain. Namun hal ini adalah ketentuan Allah SWT semata-mata.

Oleh karena itu marilah kita bersama-sama berusaha dan berdoa semoga kita diberi hidayah dan petunjuk oleh Allah SWT serta kelapangan waktu dan kesehatan tubuh / badan dan juga pikiran dalam upaya kita untuk mencari keridaan Allah SWT di dunia maupun akhirat kelak.
Apa yang baik dan benar itu datangnya dari Allah SWT dan apa yang salah itu adalah dari kelemahan manusia itu sendiri. WALLAHUALAM.





6 comments:

Naruto Spoiler said...

sebuah pelajaran yang berharga..

bila tlah tiba saatnya, mudah-mudahan kita semua berakhir dengan husnul khotimah.amien!

Justmeilani said...

amin y rabb :))

windflowers said...

thanks sharingnya mba...:)

kita berasal dari kekal, dan berakhir pada kekal itu sendiri...

Dannie F Morran said...

baca posting ini saya jadi merinding...jadi ingat kalau belum bertaubat :(

AISHALIFE-LINE said...

betull..betull sist.mari...kita selalu berdoa untuk selalu denganNya amin.

Elsa said...

subhanallah

jadi sedih...