Tuesday, July 6, 2010

Tugu Hamilton

Selama ini setiap saya berjalan atau mengitari tugu kecil itu saya tak pernah tahu kalau itu tempat yang teramat bersejarah, pikir saya sih tugu sekecil itu buatan pemerintah daerah sebagai tempat putaran karena simpang tiga.

Untuk menjawab penasaran saya, saya lihat dan amati dengan seksama tugu itu waiii,..ternyata mengandung banyak sejarah di tugu itu.Begini sist and bro ceritanya:


Hamilton adalah salah satu tentara Inggris yang gugur dalam sebuah pertempuran terbuka menghadapi perlawanan rakyat Bengkulu pada masa kolonialisme Inggris di Bengkulu.
Untuk mengenang kegigihan dan semangat patriotismenya yang tinggi maka Pemerintah Kolonial Inggris pada masa itu membangunkan sebuah monumen berbentuk semacam tugu di pesisir pantai Panjang Kota Bengkulu.
Tempat dimana monumen itu dibangun saat ini menjadi sebuah situs sejarah yang cukup penting hingga akhirya Pemerintah Daerah menempatkannya di titik tengah sebuah bundaran persimpangan arah jalan menuju berbagai situs dan kawasan objek Wisata di Kota Bengkulu. Mengingat patriotisme tentunya akan membuat anak cucu ‘Hamilton’ berbangga pada moyang mereka ini.

Wah,..ternyata di daerahku banyak sekali peninggalan-peninggalan yang bersejarah yang dapat diceritakan  kepada anak-cucu nanti, tapi itu harus dijaga dan dilestarikan. Mudah-mudahan saja pemerintah daerah tidak melakukan pemugaran yang menghilangkan keaslian sejarahnya.

3 comments:

Elsa said...

hehehe.. iya ya
seringkali kita lewat di sebuah jalan
tanpa memperhatikan sejarahnya, atau apa yang ada di sepanjang jalan itu...

tugunya simple,
tapi punya sejarah dan makna yang kuat.

Sang Cerpenis bercerita said...

baru tahu juga tuh ttg tugu itu

Justmeilani said...

tq y sis kunjunganny ^_^